Wisata Budaya di Jakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

Wisata Budaya di Jakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

Jakarta Indonesia memang terkenal kaya akan budaya. Sebagai generasi muda kita juga harus mempunyai peran dalam mengenalkan dan melestarikan budaya yang sudah ada dari berpuluh – puluh tahun lalu lamanya.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan wisata budaya, kita bisa melakukannya bersama teman – teman atau bahkan keluarga. Kamu bisa sekaligus belajar dan berlibur, terlebih lagi saat ini banyak fasilitas yang menyediakan wisata budaya. Tinggal kamu pilih kamu ingin ketempat wisata yang mana dan sesuai dengan keinginan kamu.

Di Jakarta ini banyak tempat rekreasi yang bisa kamu kunjungi, sehingga kamu bisa berekreasi dan sambil belajar. Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa belajar keahlian – keahlian baru dengan melakukan wisata budaya. Tapi kamu masih bingung ya lokasi wisata di Jakarta apa yang harus kamu kunjungi, berikut adalah daftar wisata budaya di Jakarta.

Museum Tekstil Jakarta

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak kalau museum ini mempunyai koleksi pertekstilan. Lokasi museum ini berlokasi dekat dengan Pasar Tanah Abang. Jadi jika kamu mau berbelanja kamu juga bisa mampir sebentar ke museum ini.

Jika kamu baru pertama kali mengunjungi museum ini, saat kamu tiba akan langsung disuguhi dengan Galeri Batik. Di dalamnya akan ada banyak koleksi kain batik dari seluruh Indonesia. Motif dan warna kain yang ditunjukkan juga bervariatif dan pastinya akan bikin kamu terpesona.

Warna – warna cantik tersebut menggunakan pewarnaan alami, sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana tentang perwarnaan alami. Disini kamu juga bisa mengikuti proses membatik, setiap peserta akan mendapat peralatan dan didampingi oleh instruktur pembatik. Harga tiket masuk musem ini yaitu Rp 5.000.

Kampung Betawi Setu Babakan

Di kampung ini kamu bisa melihat dari dekat rumah khas Betawi dan juga mengunjungi museum Betawi. Disini juga menyediakan kuliner khas Betawi seperti, taoge goreng, kerak telor, nasi ulam, dan juga pecak.

READ  Sebanyak 517 Pekerja di Jakarta Bekerja Dari Rumah Karena Virus Corona

Kamu juga bisa belajar membuat penganan Betawi yaitu seperti dodol, bir pletok dan akar kelapa. Setiap hari minggu juga diakan acara kesenian Betawi di Setu Babakan. Ada kesenian tari, musik, bela diri, dan pentas komedi. Harga tiket masuknya kamu cukup membayar Rp 2.000 saja. Museum ini berlokasi di Jagarkasa, Jakarta Selatan.

Museum Nasional Indonesia

Jika kamu tertarik dengan benda – beda kuno, kamu wajib untuk mengunjungi muse mini. Banyak terdapat koleksi peninggalan budaya dari berbagai macam kehidupan. Ada juga ruang koleksi benda dari emas dan keramik. Banyak peninggalan – peninggalan zaman kerajaan Indonesia.

Menariknya, muse mini setiap akhir pekan membuka ragam kelas gratis seperti kelas tari dan kelas gamelan. Ini dibuka untuk, jadi kamu hanya tinggal update informasi kelas lewat Instagram Museum Nasional dan bisa juga datang di hari H. Tiket masuk museum ini untuk dewasa sebesar Rp 5.000 dan anak – anak sebesar Rp 2.000. Museum ini berlokasi di Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

fasha

Related Posts