Tips Sehat dan Selamat di Saat Mudik Lebaran

Tips Sehat dan Selamat di Saat Mudik Lebaran

Meskipun Musim Mudik akan dilarang. Sebagian masyarakat Indonesia masih disibukkan dengan berbagai aktifitas dibulan suci Ramadhan. Namun, banyak juga orang – orang yang sudah mempersiapkan diri mereka untuk melakukan perjalanan mudik bersama keluarga. Hari Idul Fitri, menjadi waktu yang ditunggu – tunggu bagi sebagian orang, terlebih bagi mereka yang memiliki sanak saudara jauh dari Ibu Kota.

Tidak sedikit juga yang memiliki kampung jauh dari Ibu Kota, sehingga dapat membuat lelah dalam perjalanan dan bisa membahayakan sang pengemudi. Berikut adalah, tips agar tetap sehat dan selamat mudik ke kampung halaman agar sampai di hari Lebaran, berikut adalah tips nya:

5 Tips Mudik Sehat dan Selamat

  1. Memastikan Transportasi Yang Akan di Gunakan

Akan ada banyak bahkan bisa sampai jutaan orang yang melakukan mudik secara bersamaan, jadi kita harus memastikan terlebih dahulu transportasi apa yang akan kita gunakan. Jika kita akan menggunakan transportasi umum, pasti kan sebelum hari H berpergian pastikan semuanya siap seperti tiket, barang bawaan dan lainnya. Lalu jika memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, baiknya persiapkan kendaraan kita dalam kondisi yang baik dan prima agar saat kita gunakan kondisi kendaraan nyaman dan stabil.

  1. Mempersiapkan Perjalanan Dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, lakukan pengecekan pada kondisi kendaraan yang akan kita gunakan dengan teliti agar dapat dikemudikan dengan nyaman dan sampai di tujuan dengan selamat. Lalu selain itu, pastikan juga untuk membawa alat perlindungan diri karena perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh sehingga menguras banyak tenaga. Beristirahat dengan cukup, gunakan pos kesehatan mudik yang banyak tersedia dan gratis.

  1. Waspadai Kelelahan

Kegiatan mudik dilakukan di bulan puasa. Sehingga harus mempersiapkan kondisi badan dan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar dalam melakukan perjalanan panjang. Jika berpergian di siang hari, usahakan untuk beristirahat sejenak jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Dan begitu juga sebaliknya, jika berkendara di malam hari ambilah waktu untuk beristirahat. Cukup banyak pemudik yang melakukan perjalanan di malam hari, agar tetap bisa berpuasa di siang harinya.

  1. Membawa bekal
READ  Ini Adalah Cara Lain Mengurangi Rambut Lepek Kamu

Usahakan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Walaupun banyak yang berjualan di pinggir jalan tetapi akan lebih higienis untuk dikonsumsi jika makan makanan dari rumah. Selain itu, karena suasana jalan yang akan macet total pasti kita akan kesulitan untuk mencari makanan dan minuman.

  1. Membawa obat – obatan pribadi

Bawalah obat – obatan pribadi, dan obat – obatan sederhana. Juga seperti obat masuk angin, obat anti mual, obat sakit kepala dan obat maag. Obat – obatan yang dibawa dapat menjadi pertolongan pertama, jika mengalami masalah kesehatan ditengah perjalanan.

  1. Berkendara dengan aman

Patuhi rambu lalu lintas yang tersedia dan menjaga kecepatan kendaraan. Dan juga jangan membawa barang yang melebihi muatan, karena bisa mengganggu kestabilan pengemudi. Dan pastikan untuk menggunakan masker, agar terhindar dari debu dan polusi udara.

fasha

Related Posts