Yuk Intip! Tips Membangun Bisnis Startup Digital

Yuk Intip! Tips Membangun Bisnis Startup Digital

Perkembangan bisnis startup yang akhir-akhir ini marak dan cukup diminati. Startup bisnis menjadi konsep bisnis modern dan dirasa cocok untuk dunia sekarang yang sudah merambah era digital ini. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tips membangun startup digital.

Sebelum memutuskan untuk membangun startup, ada yang harus diganti terlebih dahulu. Dilihat dari katanya yang diluncurkan Inggris, startup memiliki arti usaha rintisan yang baru berdiri. Dengan kata lain, startup perusahaan adalah perusahaan rintisan yang baru dapat dikembangkan dengan cepat. Perusahaan startup ini bekerja dengan pemecahan masalah yang dikembangkan di masyarakat melalui ide – ide kreatif dan revolusioner. Ide – ide kreatif dan revolusioner yang kemudian memberikan revolusi dan pemikiran yang besar bagi masyarakat.

Secara mudahnya kita dapat mengambil contoh dari facebook. Facebook merupakan startup yang didirikan oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard yang bernama Mark Zuckeberg. Pada tahun 2004 Mark membuat aplikasi media sosial yang ditawarkan di antara teman – peserta sendiri di kampus.

Namun aplikasi facebook ini kemudian dikenal oleh kampus – kampus lainnya di Amerika. Bahkan mulai populer juga di kalangan umum. Hal yang mengundang investor untuk mendanai aplikasi startup yang diciptakan Mark ini dan menjadi semakin berkembang sekarang.

Di Indonesia pun sudah banyak startup yang cukup kita kenal. Dalam bidang e-commerce misalnya, kita pasti tahu bukalapak dan tokopedia. Sebelum ada bukalapak dan tokopedia, kita kenal kaskus sebagai forum warganet yang cukup besar di Indonesia. Bahkan sekarang di bidang transportasi pun muncul startup yang kita kenal seperti Gojek. Startup – startup yang terbukti dapat dikembangkan dengan sukses Meskipun bisa diterbitkan masih baru kemunculannya.

Nah, dengan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa startup dengan mudah membantunya dengan ide – ide kreatif, bekerja dengan pemecahan masalah, model bisnis, pengembangan yang berkembang dan menjadi fenomena dalam masyarakat. Dan satu hal lagi yang berorientasi pada teknologi informasi yang masih diperdebatkan. Nah apakah Anda tertarik untuk membangun startup? Anda tidak perlu repot dengan konsep startup yang sulit dipahami. Dengan Anda membuat platform untuk menggalang donasi seperti KitaBisa.com dan dapat menarik minat orang – orang yang sudah memulai startup digital.

Nah bagi Anda yang tertarik membangun startup digital berikut ini penulis mencoba memberikan tipsnya.

Contents

READ  Cara membalas pesan teks secara otomatis di Android

1. Pemetaan Masalah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membangun startup adalah pemecahan masalah. Karena startup ini berhasil memecahkan masalah, maka Anda harus tahu dulu masalah apa saja yang terjadi di masyarakat. Misalnya kompilasi wisatawan datang ke kota Anda dan dia tidak begitu tahu tentang makanan khas daerah Anda. Hal itu bisa menjadi masalah Anda. Maka pemecahannya adalah membuat startup yang mebahas makanan – makanan khas kota – kota besar. Atau kompilasi seseorang sulit untuk mencari kendaraan umum maka buatlah startup penyedia jasa transportasi. Begitulah startup Gojek berdiri.

2. Cari Rekan Yang Mempunyai Visi Sama

Dalam memulai startup ini, ada yang mendukung Anda tidak bisa memulai. Anda membutuhkan rekan yang bisa menukar pemikiran untuk pengembangan bisnis startup Anda. Carilah rekan yang memiliki pemikiran dan pandangan yang tidak berbeda jauh dengan pemikiran Anda.

3. Perancangan dan Penyusunan Model Bisnis

Jika sudah menemukan rekan yang cocok, mulailah menyelesaikan dan menyusun model bisnis yang akan dijalankan. Mulailah dengan pemilihan nama yang sederhana dan mudah ditangkap. Contohnya seperti Go – jek yang berhasil menyatukan kata Go dan Ojek yang membuat startup ini mudah dipahami orang.

4. Belajar Bidang IT

Memang startup tidak harus berorientasi pada teknologi informasi. Namun wawasan Anda dalam bidang TI ini akan sangat berpenagruh pada proses pengembangan startup Anda.

Demikianlah tips membangun bisnis startup digital ya, semoga bermanfaat.

wahyu

Related Posts