Pemrograman PLC Kini Menjadi Modular

Untuk pemrograman PLC, teknisi dan teknisi kontrol AS biasanya beralih ke logika tangga, teknik pemrograman yang sudah ada sejak kelahiran programmable logic controller, atau PLC, pada 1960-an.

Kebiasaan susah hilang. Tapi perubahan tidak bisa dihindari. Dan dalam hal ini, jika pendukungnya benar, perubahan sedang dalam proses dalam bentuk standar pemrograman PLC terbuka yang dikenal dengan IEC 61131-3.

Disahkan oleh International Electrotechnical Commission, standar IEC 61131 telah diterima secara luas di Eropa dan Jepang, kata Bill Lydon, seorang konsultan yang berbasis di Franklin, Wisc.yang baru-baru ini diangkat sebagai Managing Director, Amerika Utara, untuk PLCopen, seorang Eropa- berbasis organisasi di seluruh dunia yang merupakan pendukung utama standar. Lydon percaya bahwa begitu manfaat 61131 lebih dipahami secara luas di sini, standarnya pasti akan dipahami secara luas di Amerika Utara juga.

Standar 61131 mendefinisikan empat bahasa pemrograman, salah satunya adalah Diagram Tangga, yang diambil dari logika tangga yang sudah dikenal oleh para insinyur AS. Yang lainnya adalah Daftar Instruksi, Diagram Blok Fungsi dan Teks Terstruktur.

“Salah satu keindahan dari standar 61131 adalah bahwa Anda dapat menggunakan praktik terbaik dalam hal pemilihan bahasa,” kata Dr. Kenneth Ryan, direktur, Riset Otomasi Manufaktur, di Pusat Otomasi dan Kontrol Gerak Universitas Teknik Alexandria, di Alexandria, Minn.

Diagram Tangga, atau logika tangga, masih dapat digunakan dan berfungsi dengan baik untuk pemrograman logika diskrit, seperti menggambarkan aksi rangkaian pneumatik sederhana, kata Ryan. Namun, mesin canggih saat ini yang semakin mengintegrasikan logika dengan kontrol gerakan yang kompleks membutuhkan algoritme yang sulit diprogram dalam logika tangga, dan paling baik diprogram menggunakan Teks Terstruktur, catatnya. Demikian juga, misalnya, ketika tujuan pemrograman adalah deskripsi tingkat tinggi dari mesin berbasis negara, metode lain yang didefinisikan 61131 yang dikenal sebagai Diagram Fungsi Sekuensial adalah pendekatan yang jauh lebih unggul, Ryan menambahkan.

Keuntungan utama dari standar 61131 adalah bahwa salah satu bahasa dapat digunakan untuk membuat Blok Fungsi, yang merangkum fungsi kontrol khusus dalam modul, atau objek perangkat lunak, yang dapat dikunci dan digunakan kembali dalam program yang sama atau berbeda. Seperti blok Lego, Blok Fungsi ini dapat dipasang bersama dalam berbagai konfigurasi. “Function Block dapat menghemat banyak uang dalam waktu rekayasa, karena Anda dapat menulisnya sekali dan menggunakannya kembali jika perlu,” kata Ryan.

READ  Membandingkan Jalan Beton dan Jalan Aspal

Satu perusahaan yang secara ekstensif menggunakan Function Block yang sesuai dengan 61131 adalah Elau AG vendor kontrol otomasi pengemasan berbasis di Jerman yang merupakan bagian dari Schneider Electric, dari Rueil-Malmaison, Prancis. Elau menawarkan perpustakaan sekitar 400 Blok Fungsi untuk digunakan oleh pembuat mesin dan lainnya menggunakan sistem kontrol PacDrive, kata John Kowal, manajer pemasaran global Elau, yang berbasis di Schaumburg, Illinois. Ini berkisar dari Blok Fungsi kontrol gerak servo yang kompleks hingga yang lainnya yang menangani kontrol suhu dan fungsionalitas saklar batas yang dapat diprogram, sebagai contoh.

Sejalan dengan tren penggunaan lebih banyak fungsi robot tertanam dalam mesin pengemasan, Elau baru-baru ini menambahkan Blok Fungsi robotik yang memungkinkan kontrol beberapa lengan robot. Dengan Blok Fungsi ini, “Anda menghilangkan antara 50 persen dan 80 persen pekerjaan pemrograman untuk pembuat mesin,” kata Kowal. Untuk pengguna akhir, dia menambahkan, “Anda menghilangkan kebutuhan akan pengontrol robot yang eksklusif,” dan kinerja sistem ditingkatkan, karena integrasi yang lebih erat antara kontrol mesin dan robot.

Komunitas otomasi AS kemungkinan besar akan mendengar lebih banyak tentang IEC 61131-3 selama tahun 2006. Lydon dari PLCopen mengatakan bahwa organisasi tersebut sedang mengembangkan rencana untuk meningkatkan promosi standar Amerika Utara tahun ini. Dan di Alexandria Technical College, Ryan mengatakan dia melihat peningkatan minat pada 61131 oleh vendor kontrol, yang semakin meminta tenaga penjualan yang disesuaikan dan program pelatihan teknik yang mencakup standar.

farishadi

Related Posts