Mengenal Sanitasi Lingkungan

Mengenal Sanitasi Lingkungan

Secara umum, pengertian dari sanitasi lingkungan adalah upaya yang dilakukan oleh manusia dalam mewujudkan dan juga menjamin kebaikan kondisi lingkungan, baik dari segi kesehatan air, tanah, dan udara. Selain itu, sanitasi juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Sanitasi memiliki hubungan erat dengan penyediaan air bersih, serta pembuangan limbah yang memadai. Dengan adanya sanitasi maka akan dapat membantu pencegahan berbagai penyakit menggunakan cara pengendalian faktor-faktor lingkungan fisik yang memiliki resiko menyebarnya rantai penularan penyakit.

Dengan artian lain bahwa sanitasi juga merupakan bentuk dari tindakan manusia yang dilakukan secara sengaja untuk dapat membudayakan kebiasaan hidup sehat dan bersih, serta untuk upaya pencegahan manusia terjangkit penyakit akibat bersentuhan langsung dengan bahan-bahan yang kotor, beracun, atau berbahaya.

Pada umumnya, sanitasi memilki hubungan denga sarana serta prasarana dalam pembuangan limbah yang dihasilkan manusia, baik berbentuk cair maupun padat, baik  berbahaya maupun beracun. Sarana prasarana tersebut juga digunakan untuk pemeliharaan lingkungan agar tetap dalam kondisi sehat.

Adapun ruang lingkup sanitasi sendiri adalah:

  1. Penyediaan air bersih atau air minum.

Penyediaan air yang digunakan untuk kegiatan rumah tangga maupun air untuk minup patut diperhatikan tingkat kehigenisannya. Hal tersebut berkaitan pula dengan kualitas, kuantitas, serta pemanfaatan air. Semuanya perlu diperhatikan agar masyarakat tidak mengalami kondisi krisis air bersih sehingga tidak ada kegiatan maupun kesehatan yang terganggu.

  1. Pengolahan sampah (refuse disposal)

Hal ini memiliki hubungan dengan bagaimana cara masyarakat dalam membuang sampah, peralatan pembuangan sampah apa saja yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat, bagaimana cara penggunaan alat-alat tersebut. Keseluruhannya merupakan bagian dari usaha masyarakat untuk melakukan tindakan pengolahan sampah secara konsistenn, baik, dan benar.

  1. Pengolahan makanan dan minuman (insect and rodent control)

Jika bahan-bahan kotor yang tidak dapat dimakan oleh manusia saja masuk dalam kategori berbahaya, bagaimana dengan bahan makanan kotor yang nantinya pasti akan dikonsumsi manusia? Oleh karena itu pengolahan makanan dan minuman masuk dalam ruang lingkup sanitasi. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara masyarakat mengadakan, mengolah, menyimpan, dan menyajikan makannan.

  1. Pengawasan atau pengendalian serangga serta binatang pengerat (insect and rodent control)
READ  Virus Corona Kembali, Jilin China Berlakukan Lockdown Kembali

Ruang lingkup kali ini berhubungan dengan bagaimana masyarakat dapat mengendalikan serangan dari serangga yang berbahaya serta dari binatang pengerat yang mungkin merugikan lingkungan. Upaya sanitasi ini tentu harus dilakukan dengan cara yang baik pula agar tidak menimbulkan masalah baru yang dipicu dari sarana atau bahan pembasmi serangga atau binatang pengerat.

  1. Kesehatan dan keselamatan kerja.

Kali ini ruang lingkup sanitasi berkaitan dengan bagaimana cara menjaga aktivitas manusia yang terkadang bisa membahayakan. Ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan yang berlandaskan prinsip K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja. Biasanya memiliki kaitan dengan pekerjaan, cara kerja, beserta tenaga kerja.

Secara umum contoh sanitasi yang telah banyak digunakan adalah:

  1. Pembuatan dan pengaturansaluran pembuangan air hujan di pinggir jalan. Cara ini telah dilakukan oleh banyak masyarakat dan terbukti efektif dalam menjaga lingkungan. Dengan cara ini kemungkinan potensi bencana banjir yang terjadi di dalam masyarakat dapat dikurangi.
  2. Membuat serta mengatur saluran pembuangan limbah rumah tangga, upaya sanitasi ini biasanya dilakukan agar limbah tidak tercampur dengan barang-barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebab telah ada tempat pembuangan limbah yang telah disediakan.

Pengelolaan limbah menggunakan instalasi pengolahan air limbah. IPAL sudah bukan lagi hal yang jarang ditemui di tengah masyarakat. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah tercemarnya lingkungan. Bagi masyarakat yang belum mengetahui, tentu diharuskan untuk mengetahui dan mulai menyusun pembangunan IPAL. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga ipal, << silahkan klik di sini.

Admin

Related Posts