Macam macam terigu untuk Kue

Macam macam terigu untuk Kue

Teman teman pada saat catering jogja ingin membuat kue atau kita ingin belajar cara bikin kue pastinya kita akan lihat resepnya dulu kan ya Nggak mungkin kita langsung praktek tanpa lihat resepnya dulu dan waktu lihat resep ternyata di situ banyak sekali jenis tepung tepungan contohnya nih ya ada tepung terigu, tepung kanji, tepung maizena, atau masih banyak lagi yang lainnya Nah untuk kali ini saya ingin sharing sama teman-teman tentang beberapa macam tepung tepungan tapi di sini.

 

Tentang tepung terigu dan tepung terigu ini paling umum temen-temen tahu untuk bahan dasar membuat kue kan ya tapi ternyata waktu baca resep kok tbanyak banget ya jenis tepung terigu Nah ada tepung terigu protein rendah ada tepung terigu protein sedang ada juga tepung terigu protein tinggi Maksudnya apa sih dari masing-masing tepung tersebut langsung aja kita bahas ni temen temen.

 

Pertama kita akan bahas tepung terigu protein rendah tepung ini dibuat dari gandum lunak yang kandungan glutennya hanya sekitar 6% hingga 8% tepung ini memiliki daya serap terhadap air yang sangat amat rendah teman-teman sehingga waktu kita ulenin itu dia akan sulit banget dan nggak elastis lengket dan susah banget untuk mengembang. Oleh karena itu tepung terigu protein rendah ini biasanya dipakai buat adonan kue yang lembut dan juga adonan kue yang renyah. Selain itu kelebihan tepung terigu protein rendah ini dia lebih tahan lama teman-teman nah biasanya itu dibuat untuk kue-kue saat lebaran tuh kan nah itu bisa tahan sekitar 6 bulanan teman-teman karena itu makanan yang terbuat dari tepung ini juga nggak akan mudah berjamur tepung terigu protein rendah ini cocok untuk bikin kue apa aja sih nah banyak banget sebenernya nah salah satunya kalau untuk bikin kue yang teksturnya lembut seperti Japanese cheese cake atau sejenisnya kalau untuk kue yang kering seperti cookies kita bikin biskuit atau gorengan juga bisa bahkan pastel juga bisa pakai tepung ini dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu temen-temen juga pasti ada yang bertanya-tanya untuk yang baru belajar atau baru mengenal tepung terigu Biasa nya temen-temennya tepung terigu protein rendah itu seperti apa dan mereknya contohnya adalah Kunci Biru, cakra kembar, segitiga biru.

 

Selanjutnya yang kedua yaitu tepung terigu protein sedang untuk tepung ini kandungan glutennya sedang yaitu sekitar 9 hingga 11% ini biasanya disebut tepung terigu serbaguna Kenapa karena dapat dipakai untuk segala jenis makananĀ  serta membuat adonan fermentasi Seperti contohnya donat atau bakpao San itu tepung ini juga cocok untuk membuat makanan yang bertekstur lembut namun juga cukup mengembang Contohnya seperti kita bolu atau bikin brownies, martabak manis, kue pukis juga bisa dan kue-kue lainnya Biasanya kalau nggak ada tepung terigu protein rendah biasanya pakai tepung terigu protein sedang. Kalau bener-bener lagi nggak ada tepung terigu protein rendah teman-teman bisa menggantinya pakai tepung protein sedang tapi kalau ada yang mending pake tepung terigu protein rendah aja teman ada yang yang bertanya tanya tentang adonan donat yang dicampur dengan tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein sedang nah itu kenapa sih kalau dicampur kalau pakai tepung terigu protein tinggi aja gimana kalau pakai tepung terigu protein sedang aja gimana jawabanya boleh aja sesuai kan saja dengan selera teman-teman tapi menurut beberapa sumber dan yang pernah di praktekkan adonan akan lebih lembut lebih empuk aja kalau dicampur dengan protein tinggi serta protein sedang Selanjutnya untuk contoh merek yang beredar di pasaran tepung terigu protein sedang apa nih contoh contoh nya ada merk Segitiga Biru atau juga ada merk Gunung Bromo dan merk lainya.

 

Yang terakhir ada tepung terigu protein tinggi untuk tepung terigu protein tinggi ini dibuat dari gandum keras dan memiliki kandungan protein protein yang tinggi banget dari yang lain yaitu sekitar 11% hingga 13% karena tingginya kadar protein tersebut teman-teman itu membuat tepung nya mudah banget dicampur difermentasi dan memiliki daya serap terhadap air yang tinggi Nah kalau di uleni dia juga mudah elastis dan mudah digiling juga lah kalau Biasanya kita bikin roti atau kan itu biasanya kita harus mengaduk aduk hingga kalis elastis itu dia seperti itu mudah banget kalau pakai tepung terigu protein tinggi tepung ini cocok untuk membuat resep seperti roti maupun pasta untuk merek yang beredar di pasaran yaitu merk tepung terigu Cakra Kembar, segitiga biru. Nah itu dia macam-macam tepung terigu untuk kali ini kita akan membahas sedikit tentang itu ya teman-teman Nah itu dia tiga macamĀ tepung terigu

 

rifee

Related Posts