Keunggulan Produk Digital Dibanding Produk Fisik

Keunggulan Produk Digital Dibanding Produk Fisik

Teknologi digital membuat orang bergerak lebih cepat dan lincah. Dengan teknologi digital pula, semua aktivitas yang orang lakukan akan terasa lebih mudah. Inilah salah satu keunggulan produk digital dibanding produk fisik di mata konsumen saat ini.

Keunggulan Produk Digital

Jika membandingkan keunggulan produk digital dengan produk fisik. Apa saja keunggulan dari penjualan produk digital? Selengkapnya, berikut ulasan keuntungan produk digital.

Stok Tak Terbatas

Mengapa dibilang “stok tidak terbatas”? Inilah salah satu keunikan yang dimiliki produk digital, yang tidak akan dimiliki produk fisik. Keuntungan produk digital tidak akan pernah kehabisan stok (out of stock).

Artinya, selama masih ada pelanggan yang tertarik dengan produk digital yang Anda jual, selama itu pula Anda punya peluang untuk menjualnya.

Namun, satu hal yang perlu diingat, jangka waktu (lifetime) produk digital umumnya tidak bisa berlangsung lama. Sebagai contoh, ketika Anda menjual buku elektronik (ebook) dengan tanggal terbit tertentu. Otomatis, ebook tersebut akan expired ketika terbitan yang baru sudah cetak dan diedarkan.

Biaya Rendah

Satu keunggulan lagi dari produk digital dibanding produk fisik adalah biayanya yang relatif lebih murah. Dunia digital itu tidak terikat dengan ‘ruang dan waktu’. Artinya, hanya dibutuhkan biaya produksi dan tidak ada biaya lain.

Berbeda dengan produk fisik, selain biaya produksi, masih ada biaya lain, misalnya biaya pengiriman, percetakan, dan lain-lain. Dimanapun, produk digital dapat dibuat, sehingga tidak memerlukan kantor tetap.

Penyimpanannya pun cukup fleksibel, sehingga tidak banyak biaya keluar untuk sewa gudang, dan lain-lain. Lain halnya dengan produk fisik yang pastinya butuh gudang penyimpanan.

Menjangkau Pasar Internasional

Produk digital mampu menjangkau pasar dengan skala internasional. Anda tidak akan menemukan berbagai hambatan yang bersifat fisik, seperti batasan pengiriman.

Kuncinya ada pada jaringan internet. Selama ada pelanggan yang terhubung dengan internet, mereka punya peluang untuk beli produk Anda. Pengiriman pun bisa dilakukan tanpa perlu membayar jasa ekspedisi. Produk digital bisa di-download atau dikirim via email, atau lainnya.

READ  peluang usaha apa yang paling menguntungkan

Hal ini berbeda dari penjualan produk fisik yang kerap menghadapi berbagai hambatan sepert bea cukai atau pembatasan pengiriman. Selain itu, pelanggannya juga terbatas, dan akan sangat sulit menjangkau buyers internasional.

Jadwal Kerja Fleksibel

Anda yang berkecimpung dalam produksi digital pasti memiliki jadwal kerja yang relatif fleksibel dibanding memproduksi barang fisik. Keunggulan produk digital dibanding produk berwujud benda, produk digital tidak terkendala jam kerja dan jarak kantor yang harus dilalui dengan kondisi jalan sangat macet.

Dengan produk digital, jadwal dapat diatur sesuai keinginan. Kapan dan dimanapun Anda berada, kesempatan pelanggan untuk memesan produk secara online selalu ada. Hidup di era serba otomatis membuat Anda makin mudah untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

Dapat Digunakan Selamanya

Produk digital memiliki usia yang sangat panjang, bahkan bisa digunakan selamanya. Tidak seperti produk fisik yang mudah rusak, sobek, hangus, dan sebagainya.

Kelebihan produk digital adalah bisa selalu up-to-date. Meskipun bisa out-of-date, namun produk ini akan mudah menyesuaikan perkembangan zaman. Sebab, dengan teknologi yang ada sekarang, memungkinkan produk digital dapat diedit dengan mudah.

Asalkan tidak terhapus, produk digital akan ada selamanya. Artinya, produk online ini dapat digunakan selamanya tanpa mengenal batas waktu. Tentu tidak seperti produk fisik yang mudah mengalami kerusakan atau hilang.

Saatnya Anda ‘bermigrasi’ menuju produk digital dengan segala kelebihannya. Salah satu keunggulan produk digital dibanding produk fisik yang paling menonjol adalah tidak mengenal ruang dan waktu. Kapan dan dimanapun Anda bisa meraih sukses bersama produk digital. Selamat mencoba!

maulana

Related Posts