Kerugian Kusen Berbahan Dasar Kayu

Kerugian Kusen Berbahan Dasar Kayu

Pemilihan material untuk kusen memang terkadang bisa membuat dilema. Hal ini dikarenakan, saat sudah dipasang kusen akan menjadi satu kesatuan dengan tembok yang artinya melakukan renovasi pada kusen memerlukan keterampilan khusus atau jika Anda tidak punya keterampilang tukang, Anda harus membayar tenaga ahli untuk mengatur ulang atau memperbaikinya. Untuk itu banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang kusen seperti daya tahan dan juga faktor ekonomisnya.

Kusen sendiri terdiri dari beragam jenis berdasarkan material konstruksinya. Matetial yang lazim digunakan seperti alumunium, uPVC, kayu, atau pun besi holo. Namun, tentu saja dengan perkembangan ilmu konstruksi dan desain bangunan, banyak terobosan baru seperti kombinasi dari bahan yang disebutkan pada kalimat sebelumnya atau bahan-bahan “anti maenstrim” seperti bambu. Disamping itu, setiap jenis kusen pintu ini memiliki kelebihan maupun kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mempertimbangkan untul menerapnya ke bangunan Anda. Salah satunya adalah kusen kayu.

Kusen Kayu

Kusen kayu adalah salah satu jenis kusen yang sering digunakan. Dibandingkan dengan kusen berbahan dasar yang lain, kusen kayu sudah digunakan sedari dulu. Kusen kayu memiliki sederet kelebihan. Seperti tampilanya yang natural sehingga menyatu dengan desain interior maupun eksterior bangunan. Selain itu, kusen kayu memiliki berbagai variasi karena pembuatanya yang tidak hanya pabrikan, tetapi juga handmade. Dengan begitu kusen kayu cocok diterapkan dalam berbagai konsep maupun tema desain bangunan.

Tentu saja dibalik sederet keunggulan dari kusen kayu, seperti yang kita bahas pada paragraf-paragraf, kusen kayu juga memiliki kekurangan. Sebelum Anda memutuskan untuk memasang kusen kayu pada bangunan Anda, ada baiknya Anda membaca ulasan berikut ini tentang kekurangan kusen kayu.

Bisa Diserang Rayap

Menurut jasa bangun rumah Jogja, dari segi keawetan, kusen kayu memiliki satu kekurangan yaitu bisa diserang rayap. Hal ini membuat kusen kayu bisa tidak bertahan lama. Tentu saja ada jenia kayu yang tidak mudah diserang rayap atau memang tidak semua tempat ada rayapnya. Namun, jika Anda mendapati kusen kayu Anda digerogoti raya, terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melapisi kusen Anda dengan lapisan khusus anti rayap atau membeli racun hama yang bisa saja tidak ramah lingkungan.

READ  5 Arahan Hemat Berkreasi Rumah dari Nol

Kusen kayu bisa berubah bentuk

Walaupun tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi kusen kayu mengalami penyusutan. Hal ini dikarekan kayu kehilangan berat jenis karena pancaran sinar matahari yang menguapkan bobot air pada kayu. Apalagi jika bangunan sering “bersentuhan” dengan kelembapan. Tentu saja kayu dengan kualitas baik atau kayu yang di-oven dengan baik setidaknya bisa memperlambat proses penyusutan ini. Tetapi, tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk hal tersebut.

Dua hal ini memang masalah utama jika Anda memilih untuk menerapkan kusen kayu pada rumah Anda. Tetapi, menimbang dari berbagai kelebihan dari kayu, kedua hal terbut mungkin saja tidak menjadi masalah untuk Anda.

drajjad

Related Posts