Gerbang Logika XNOR, Operasi Gerbang serta Komponennya

Gerbang Logika XNOR, Operasi Gerbang serta Komponennya

Gerbang logika merupakan salah satu dasar dalam pembentukan sistem elektronika digital. Sistem ini memiliki fungsi untuk mengubah satu atau beberapa input atau masukan menjadi sebuah sinyal output atau keluaran logis. Selain itu, gerbang ini beroperasi sesuai dengan sistem bilangan biner, yakni bilangan yang hanya mempunyai 2 kode simbol. Diantaranya 0 dan 1, yakni dengan menggunakan teori Aljabar Boolean. Salah satu jenis dari logic gate adalah gerbang logika XNOR atau NOR eksklusif.

Gerbang Logika XNOR, Operasi Gerbang serta Komponennya

Gerbang logika NOR eksklusif adalah gerbang NOR yang dibalik atau inverted. Gerbang NOR eksklusif atau dapat disebut dengan X-NOR merupakan simbol standar gerbang XNOR.  Pada versi dua, mengimplementasikan persamaan logis berperilaku sesuai dengan adanya table kebenaran.

Oleh karena itu, gerbang tersebut seringkali disebut dengan gerbang ekuvalen. Output tinggi (1) dapat dihasilkan apabila kedua input ke gerbang yang sama. Apabila salah satu atau kedua input tidak tinggi (1), maka output rendah (0) pun akan dihasilkan.

Mengenai Gerbang XNOR

Gerbang Logika XNOR sebenarnya merupakan gabungan dari NOT, AND, serta gerbang NOR. Gerbang XNOR hanya akan menghasilkan output dengan logika apabila semua input secara bersamaan memiliki nilai yang sama. Sedangkan mengenai gerbang XNOR, tidak lain adalah gerbang XOR dengan output yang telah dibalik.

Gerbang XNOR adalah kebalikan dari gerbang XOR yang akan terbuka jika muncul satuan bilangan genap pada masukan. Pada tabel kebenaran dari gerbang XNOR, akan memiliki satuan bilangan genap. Dengan demikian, keluaran akan terbuka dengan level logika tinggi (1) serta memiliki satuan bilangan ganjil (1 dan 1). Gerbang XNOR tidak akan terbuka serta akan muncul logika rendah pada outputnya.

Operasi Gerbang Logika XNOR

Saklar input berfungsi untuk memilih input. Selanjutnya tombol power ON digunakan dalam menjalankan rangkaian logika. Sedangkan tombol rest bermanfaat untuk mengembalikan gerbang pada kondisi tanpa input. Dengan demikian, anda dapat memperhatikan jalannya arus serta nyalanya lampu untuk melihat bekerjanya gerbang logika.

READ  Cara membalas pesan teks secara otomatis di Android

Operasi XNOR adalah operasi logika bitwise yang bekerja dengan membandingkan dua buah bit. Jika salah satu bitnya bernilai benar, maka hasil akhir operasi XNOR tersebut adalah benar. Akan tetapi jika kedua bit yang akan dibandingkan bernilai salah atau keduanya bernilai benar, maka hasil akhir operasi XNOR tersebut adalah salah.

Komponen Elektronika Gerbang XNOR

Komponen dari gerbang XNOR adalah IC 74HC266, yang merupakan chip yang di dalamnya terdapat 4 gerbang XNOR dengan 2 input. Selain itu, varian komponen dari gerbang logika ini cukup banyak, antara lain DIP, DIL, serta SMD. Sedangkan IC 74HC266 memiliki sebutan yang berbeda-beda, yakni 74266, SN74266, serta 74LS266. Kesemuanya memiliki fungsi yang sama. Yang menjadi pembeda adalah segi fisik, range tegangan, serta pasti pabrik pembuatnya.

Apabila jenis gerbang logika tertentu tidak tersedia, maka rangkaian yang mengimplementasikan fungsi yang sama dapat dibangun dari gerbang lain yang tersedia. Sirkuit yang mengimplementasikan fungsi XNOR dapat dibangun secara lebih mudah dari gerbang XOR diikuti oleh gerbang NOT.

farishadi

Related Posts