Beberapa Keutamaan Membaca Alquran, Apa Saja?

Ada beberapa keutamaan membaca Alquran yang perlu diketahui. Dengan begitu, umat Islam diharapkan menjadikan membaca Alquran ini sebagai sebuah aktivitas yang rutin dan jadi pedoman hidup.

Alquran adalah kitab suci yang memiliki segudang ilmu, manfaat, dan banyak lagi keutamaannya. Sehingga, membacanya adalah sebuah amalan atau ibadah paling utama bagi umat Islam di penjuru dunia. Anda bisa belajar alquran online  melalui aplikasi atau offline dengan guru ngaji.

Keutamaan Membaca Alquran

Membaca Alquran termasuk ke dalam amal ibadah utama dibandingkan dengan amalan ibadah lainnya. Karena, membaca Alquran adalah sebuah kegiatan ibadah yang mampu memberikan dan mendatangkan pahala serta keberkahan.

Alquran yakni kitab suci umat Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dan menjadi mukjizatnya. Kemudian Alquran juga menjadi bukti yang tak bisa dibantahkan lagi tentang kebenaran dari Muhammad adalah Rasul Allah SWT. Inilah yang kemudian menjadi keutamaan membaca alquran.

Alquran juga memberikan kebenaran tentang agama Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin. Allah SWT telah menjanjikan tentang kemukjizatan dari Alquran.

Ia akan menjamin dan juga menjaga kitab suci tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam QS. Al Hijr ayat 9 yang berbunyi, “Sesungguhnya, Kami pula yang memeliharanya.”

Beberapa Keutamaan Alquran

Membaca Alquran juga memiliki keutamaan yang juga sangat penting bagi umat islam. Oleh karena itu, umat Islam selalu membacanya setiap hari untuk memperoleh manfaat dari keutamaan tersebut. Diantaranya adalah:

  • Memperoleh Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan membaca Alquran yang pertama adalah mendapatkan pahala yang berlipat. Satu huruf dari ayat yang dibaca memiliki balasan yang berlipat hingga 10 kali lipat oleh Allah SWT.

Rasullullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran, maka ia akan memperoleh satu kebaikan serta dari satu kebaikan tersebut akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (Hadits Riwayat Bukhari).

  • Diangkatnya Derajat Manusia

Keutamaan yang kedua adalah derajat orang yang membaca tersebut akan diangkat oleh Allah SWT. Ia akan mengangkat derajat orang-orang yang membaca Alquran. Kemudian, orang tersebut mempelajari dari isi kandungannya, lalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Memperoleh Ketenangan Hati
READ  Cara Membuat Benih Padi Sendiri Untuk Menghemat Biaya

Alquran diturunkan juga sebagai obat dari segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga, dengan membacanya setiap hari akan terhindar dan memperoleh ketenangan batin.

  • Ditempatkan Bersama dengan Para Malaikat

Orang-orang yang membaca Alquran kelak akan ditempatkan bersama dengan para malaikat Allah SWT. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang selalu beribadah dan patuh dengan semua perintah-Nya.

  • Mendapatkan Pertolongan Allah SWT pada Hari Kiamat

Keutamaan membaca Alquran selanjutnya adalah mendapat pertolongan. Orang-orang yang rajin membaca Alquran akan memperoleh syafa’at atau pertolongan oleh Allah SWT di hari akhir nantinya.

 

rahman

Related Posts